Pengoptimalan Digital: Tujuh cara untuk menjaga media digital B2B Anda tetap pada jalurnya

Pemasar bisnis ke bisnis saat ini tidak kekurangan pemangku kepentingan yang menyarankan cara baru untuk memanfaatkan media sosial, Web 2.0, SEO/SEM, aplikasi seluler, dan semua alat digital lainnya.

Tetapi kriteria apa yang Anda terapkan untuk menentukan apa yang berguna dan apa yang membuang-buang sumber daya? Berikut adalah tujuh pertimbangan untuk mulai meningkatkan upaya digital Anda.

1. Pastikan tidak ada yang terjadi tanpa tujuan yang jelas

Meskipun ini terdengar jelas, mengejutkan betapa banyak perusahaan menghabiskan sebagian besar anggaran mereka untuk media digital hanya karena pesaing melakukannya, atau seseorang menganggapnya baru dan menarik. Anda harus dapat menjelaskan secara spesifik bagaimana setiap bagian dari upaya pemasaran digital perusahaan Anda berkontribusi pada tujuan penjualan dan pemasaran perusahaan.

2. Fokus pada pengalaman audiens, bukan teknologi

Untuk memaksimalkan dampak aset digital Anda, fokuslah pada bagaimana mereka semua bekerja sama untuk membentuk pengalaman yang lengkap bagi audiens yang berbeda – bukan pada teknologi individu atau media itu sendiri. Tujuan Anda adalah menciptakan lingkungan digital yang akan memelihara tujuan bisnis Anda dengan lebih baik, bukan hanya menggunakan media keren terbaru hanya karena sedang hot saat ini.

3. Jadikan itu sebagai upaya tim

Untuk mencapai kesuksesan sejati, upaya perusahaan digital Anda membutuhkan kepemimpinan. Beberapa perusahaan melangkah lebih jauh dengan mempekerjakan manajer pemasaran digital (dCMO) untuk mendukung penggunaan strategi dan media digital perusahaan mereka. Tetapi bagi banyak orang, kepemimpinan yang baik berarti seseorang yang bertanggung jawab untuk menetapkan visi dan tujuan yang jelas—ditambah tim orang yang bertanggung jawab untuk menerapkan dan mengidentifikasi peluang digital baru.

4. Biarkan potensi dan perilaku prospek memandu Anda

Saat Anda memetakan strategi digital dan titik sentuh untuk setiap audiens, jangan membuat rencana kosong. Pertimbangkan bagaimana perilaku pelanggan saat ini dapat membantu memandu upaya Anda dan menjadikannya lebih berharga bagi perusahaan dan pelanggan Anda. Misalnya, daripada benar-benar menduplikasi situs web sebagai situs seluler, pertimbangkan untuk hanya menyediakan fungsi dan informasi yang mungkin berguna bagi audiens spesifik Anda saat bepergian.

5. Selalu tangkap dan komunikasikan ROI

Salah satu kegembiraan terbesar dari media digital adalah betapa mudah dan cepatnya menentukan keberhasilan upaya tertentu. Oleh karena itu, tidak menangkap, menganalisis, dan membagikan hasil upaya media digital perusahaan Anda adalah sebuah tragedi. Anda harus bertanya, sebelum meluncurkan, bagaimana Anda akan mendefinisikan kesuksesan dengan upaya tertentu dengan cara yang terukur. Kemudian ukur bagaimana Anda melakukannya terhadap tujuan Anda. Juga, jangan hanya membagikan penghasilan Anda. Memahami dan berbagi mengapa suatu inisiatif tidak berhasil lebih penting daripada ketika sesuatu berhasil.

6. Spesialisasi digital bukan silo

Anda tidak akan pernah bisa membangun mesin pemasaran digital yang efektif dan efisien jika setiap disiplin dalam tim tidak diorganisir untuk bekerja sama. Desainer, programmer, copywriter, dan semua orang yang terlibat dalam upaya tertentu perlu bekerja sama sejak awal.

7. Belajar dari industri lain

Adalah wajar untuk melihat rekan kerja Anda dan membandingkan aktivitas. Tetapi jangan lupa bahwa industri yang berbeda memiliki teknologi baru dan tingkat adopsi media yang berbeda. Sesuatu yang merupakan berita lama bagi industri lain dapat merevolusi bidang Anda. Jangan lupa untuk mengeksplorasi bagaimana industri lain telah mengadaptasi strategi dan taktik pemasaran digital sebagai cara untuk menemukan metode yang telah terbukti.